Cara mengakses Hosting / Server menggunakan SSH

Cara Mengakses SSH

Pada Pengetahuan Dasar ini, kami akan membahas cara Anda mengakses SSH atau Secure Shell menggunakan PC / Laptop Anda yang berbasis Windows. Anda dapat mengakses SSH melalui 2 Cara. Pertama adalah mengakses menggunakan Command Prompt, dan yang kedua adalah Aplikasi seperti Putty.

Mari kita membahasnya satu per satu.

Akses SSH dari Command Prompt

Pada Desktop OS Windows Anda, tekan pada keyboard Anda Logo Windows + R kemudian ketik cmd, lalu tekan ENTER atau klik OK

SSH Akses

Dan seketika, windows Command Prompt akan terbuka dilayar Anda. Dan pada layar Command Prompt, silahkan gunakan perintah ini untuk menghubungkan komputer Anda ke Server Linux Anda.

ssh [email protected]¬†<--- Kemudian tekan Enter

Akses SSH melalui Command Prompt

Perhatikan garis merah pada gambar diatas, ketika Ada pertanyaan Are you sure want to continue connecting, silahkan masukkan yes lalu tekan ENTER. Lalu dilanjutkan dengan menginput password Anda, lalu kembali menekan enter. Maka sekarang Anda telah login di SSH menggunakan user root.

Jika Anda ingin melakukan koneksi menggunakan custom port atau dengan user selain root, perintahnya adalah sebagai berikut.

ssh -p <port> <user>@<alamat.ip.anda>

Akses ke SSH dari Windows

Sekarang Anda sudah terhubung ke SSH Server Anda.


Akses SSH dari Putty

Pertama-tama, silahkan download aplikasi Putty terlebih dahulu. Anda bisa mendownloadnya pada website https://www.chiark.greenend.org.uk/~sgtatham/putty/latest.html. Pilih installer sesuai dengan Sistem Komputer Anda. Jika anda menggunakan 64bit, sebaiknya menggunakan installer 64bit. Setelah download selesai, buka file tersebut kemudian lakukan instalasi. Setelah instalasi selesai, maka putty akan terbuka seperti ini.

Akses SSH menggunkaan putty

Pada kolom Hostname / IP Address, masukkan IP Server Anda, dan jika Anda menggunakan Custom Port, silahkan rubah portnya sesuai dengan port SSH Anda. Jika tidak, langsung mengklik OPEN.

Akses SSH menggunakan Putty

Lanjutkan dengan memasukkan User dan Password Anda lalu tekan Enter. Mohon di ingat, pada saat Anda menginput password di Windows SSH, password Anda tidak akan nampak, karena itu adalah salah satu bagian dari keamanan Linux. Setelah Anda login tampilannya akan seperti ini.

Sekarang Anda telah login di SSH dengan user root. Semoga Artikel ini bermanfaat, terima kasih.

  • SSH, VPS, Dedicated Server, Server, VPS Linux, Linux
  • 0 Users Found This Useful
Apakah jawaban ini membantu?

Artiel Terkait

Cara menggunakan Basis Pengetahuan

Selamat datang di Pusat Pengetahuan Herza.ID! Artikel ini memberikan informasi tentang cara...

Membuat Laporan MTR Dua Arah

MTR adalah sebuah alat diagnostik jaringan. Technical Support Herza.ID mungkin meminta Anda untuk...