CloudLinux mengumumkan ketersediaan dari AlmaLinux OS, distribusi Linux kelas Enterprise open source yang dibuat sebagai pengganti CentOS, dikarenakan CentOS akan memasuki masa EOL (End of Life) pada versi 8. Sistem operasi baru dirilis dalam versi stabil dan siap untuk digunakan pada Production Server.

AlmaLinux OS

CloudLinux juga mengumumkan pembentukan organisasi nirlaba yang akan mengambil alih tanggung jawab untuk mengelola proyek AlmaLinux ke depannya. CloudLinux telah memberikan sumbangan tahunan $ 1 juta dolar untuk mendukung proyek tersebut.

Manajer Komunitas dari Proyek AlmaLinux bernama Jack Aboutboul. Dia memiliki lebih dari 20 tahun pengalaman dalam komunitas open source sebagai peserta, manajer dan termasuk hampir 10 tahun sebagai insinyur komunitas dengan proyek Fedora saat bekerja di Red Hat sebagai arsitek komunitas.

Juga, lima anggota dewan pengurus diumumkan: Aboutboul; Jesse Asklund, kepala pengalaman pelanggan global untuk WebPros di cPanel; Simon Phipps, advokat open source dan mantan presiden Open Source Initiative; Igor Seletskiy, CEO CloudLinux; dan Eugene Zamriy, direktur teknik rilis di CloudLinux. Dua anggota tambahan dari dewan pengurus untuk organisasi 501 (c) (6) akan dipilih oleh komunitas AlmaLinux. Dewan akan mengelola, mempromosikan, dan terus meningkatkan AlmaLinux untuk kepentingan komunitas penggunanya.

"Dalam upaya untuk mengisi kekosongan yang akan segera ditinggalkan oleh matinya CentOS sebagai rilis stabil, AlmaLinux telah dikembangkan dalam kolaborasi erat dengan komunitas Linux," kata Jack Aboutboul. “Upaya ini menghasilkan alternatif siap produksi untuk CentOS yang didukung oleh anggota komunitas.”

Setelah kode beta dirilis, AlmaLinux OS menerima pengujian ekstensif untuk membantu memenuhi harapan pengguna akan keandalan dan kinerja. Sebagian besar pekerjaan terkait dengan debugging, menambahkan paket, dan menyiapkan perangkat lunak untuk beban kerja produksi. Selain perbaikan bug yang diketahui, versi stabil menyertakan dukungan Errata, SecureBoot, AWS, dan VMware serta skrip untuk bermigrasi dengan cepat dari CentOS ke AlmaLinux.

“Perubahan arah yang tiba-tiba untuk CentOS yang diumumkan pada bulan Desember menciptakan kekosongan besar bagi jutaan pengguna CentOS,” kata Simon Phipps. “Sebagai pengganti drop-in open source, AlmaLinux memberi pengguna tersebut kontinuitas dan peluang baru untuk menjadi bagian dari komunitas dinamis yang dibangun dengan tujuan menciptakan dan mendukung distribusi Linux baru ini di bawah pemerintahan nirlaba. Saya memberikan banyak penghargaan kepada CloudLinux karena telah memberikan bantuan kepada pengguna CentOS untuk terus menggunakan AlmaLinux. ”

Dan Herza.ID pun sangat mendukung Proyek dari AlmaLinux ini sebagai pengganti dari CentOS 8. Saat ini, AlmaLinux telah dapat digunakan pada layanan VPS KVM dan VPS NVMe. Jadi selamat mencoba...



Tuesday, April 13, 2021





« Kembali