Pengumuman Akhir Masa Pakai CentOS 8

Proyek CentOS telah mengumumkan beberapa perubahan signifikan pada roadmap mereka yang dapat memengaruhi infrastruktur dan rencana pengembangan untuk bisnis online, datacenter, dan juga end-user.

Perubahan yang diumumkan oleh CentOS ini meliputi:

  1. Akhir masa pakai yang dipercepat untuk CentOS 8; tidak ada pembaruan sistem operasi lebih lanjut yang akan tersedia setelah 31 Desember 2021.
  2. CentOS 8 akan diubah menjadi Upstream (pengembangan) dari Red Hat Enterprise Linux (RHEL) yang disebut CentOS Stream; versi CentOS sebelumnya akan tetap menjadi bagian dari versi stable. Ini berarti CentOS 8 tidak boleh dipertimbangkan untuk digunakan di lingkungan produksi.
  3. Siklus CentOS 7 tidak akan berubah sejak tulisan ini dibuat, dengan pembaruan dan patch keamanan terus tersedia hingga Juni 2024. Meskipun garis waktu ini berpotensi berubah di masa depan.

Dukungan Herza.ID Untuk CentOS 8 Dan Lainnya

Menyusul pengumuman di atas dari Proyek CentOS, Herza.ID akan melanjutkan dukungan kami untuk penggunaan CentOS 8, termasuk dukungan untuk cabang baru RHEL 8 yang diumumkan, dan ketika CentOS 8 mencapai akhir masa pakainya pada 31 Desember 2021, Herza.ID tidak akan melanjutkan penggunaan CentOS 8 pada lingkungan Dedicated Server dan VPS dari Herza.ID.

Anda dapat mentransisikan penerapan CentOS Anda untuk mendapatkan pembaruan dari pihak ketiga yang akan memperpanjang masa pakai CentOS 8 hingga 2029.

Kami akan terus mendukung CentOS 7 melalui lifecycle yang disebutkan diatas, dengan akhir masa pakainya diharapkan pada 30 Juni 2024.

Perhatikan bahwa Herza.ID tidak akan mendukung CentOS Stream.



Sunday, December 13, 2020





« Kembali